Kamis, 08 November 2018

Konfigurasi Qouta management pada FSRM

Assalamualaikum wr.wb

 Quota management merupakan fasilitas yang terdapat pada FSRM untuk mengendalikan kapasitas penyimpanan di file server.

Penggunaan quota ada 2 yaitu hard quota dan soft quota.

  1. Hard quota di gunakan jika data atau file sudah terpenuhi maka akan ada notifikasi bahwa volume melebihi batas dari quota yang terpakai.
  2. Soft quota digunakan tidak memberlakukan batas quota namun ketika batas melebihi maka  dia akan memberikan notifikasi.


Langkah-langkah :

1.) Pertama kalian buka server manager, klik pada Tools kemudian pilih File Server Resource Manager.




2.) Setelah klik File Server Resource Manager, klik pada Quota Templates, kemudian klik Create Quota Template. karena kita mengcopy template yang ada atau bisa juga mengcreate template baru.



3.) Kemudian isi kan bagian Template name nya yang anda inginkan dan bagian description (optional) nya boleh di isi atau tidak. Kalau untuk bagian Space limit nya bisa di isi yang anda inginkan dan type satuannya bisa KB,MB,GB,TB. setelah itu klik Add untuk menambahkan notifikasi.


4.) Selanjutnya pada Add Threshold, klik bagian pada tab E-mail Message lalu centang pada bagian Send e-mail to the following administrators dan juga Send e-mail to the user who exceeded the threshhold.  


5.) Maka akan muncul pop-up  notifikasinya yang memberikan informasi yang terjemahannya " tidak ada server smtp yang dikonfigurasi untuk mengirim pemberitahuan dan laporan penyimpanan melalui e-mail. konfigurasi akan tetap berlangsung tetapi pengelola sumber daya server file akan gagal mengirim e-mail sampai server smtp yang valid dikonfigurasi.
Apakah Anda ingin melanjutkan?
 lalu klik Yes.


6.) Pada bagian tab Event Log, centang pada bagian Send warning  to event log. untuk memberikan informasi notifikasi nanti melalui event log.


7.) Selanjutnya klik pada bagian tab Report, centang pada bagian Generate reports. pilih report yang akan di inginkan misal Least Recently Accessed Files, Most Recently Accessed Files , Quota Usage dan sebagainya. setelah itu klik OK.


8.) Setelah kita create template baru, maka akan ada penambahan pada Quota Templates sesuai dengan yang kita buat sebelumya.


9.) Kemudian klik pada bagian Quotas, lalu klik pada Create Quota yang ada di atas pojok kanan pada komputer kalian. pada Quota path klik Browser lalu pilih quota templatesnya yang sudah dibuat tadi. jika sudah klik Create.


10.) Maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.


Verifikasi

A.) Kemudian cari notepad di search lalu ketik sesuai keinginan anda contoh nya seperti di bawah ini. setelah itu kalian save kemudian bikin nama file tersebut sesuai keinginan anda lalu kalian simpan file tersebut di drive C atau di drive D .


B.) Kemudian file tersebut kalian klik kanan lalu klik Copy.


C.) Setelah itu kalian copy paste pada file tersebut lalu masukan di folder Quota Hafid yang sudah di buat. maka akan muncul Pop up karena size yang terlalu besar yang menyatakan space hadisk tidak memenuhi seperti gambar di bawah ini.



D.) Bila ingin menguji dari client maka folder tersebut terlebih dahulu di sharing. klik kanan file tersebut kemudian pilih Properties. 


E.) Pilih tab Sharing, kemudian pilih Advanced Sharing.



F.) Maka akan muncul pop-up Advanced Sharing, kemudian centang share this folder untuk menentukan user yang dapat mengakses folder. setelah itu klik pada Permissions nya.


G.) Permissions buat quota tersebut Untuk menambahkan user yang akan mengakses file tersebut pilih Add.


H.) Selanjutnya pilih Advanced kemudian cari user dengan mengklik tombol Find Now.



I.) Lalu pilih user Administrator yang kalian buat tadi di search result. kalau sudah klik OK.


J.) Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini. lalu klik OK.




K.) Permission buat administrators, centang pada  Full Control agar bisa mengedit file dan memodifikasi. setelah itu klik OK.



L.) Pada client, untuk mencari folder yang sudah di sharing dengan nama Quota Hafid dengan cara misal ketik \\172.16.23.1.


AKSES MELALUI CLIENT

M.) Mengcreate satu folder pada file sharing dengan nama sesuai keinginan anda.







Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.
Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .

TERIMA KASIH


Wassalamualaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar