Minggu, 14 Oktober 2018

Point to multi point


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Hallo, kemabali bersama dengan saya hafid. pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara konfigurasi wireless point to multi point.

Point to multi point adalah satu komputer/PC yang dapat disambungkan ke banyak komputer/PC dan biasanya digunakan pada area hotspot ataupun warnet.



Berikut beberapa cara konfigurasi point to multi point (PTMP) :

1.) Pertama-pertama kalian buka winbox nya , lalu klik  bagian menu wireless.



2.) Biasanya itu wireless interface itu ter disable/ non aktif, maka dari itu kita aktfkan dengan cara klik tanda centang.

3.) Kemudian klik bagian security profiles, untuk mengkonfigurasi password pada wireless, lalu klik tanda (+) untuk menambahkan keamanan profile keamanan.



4.) Lalu klik bagian General, ubah name nya sesuai keinginan anda, pada WPA pre-Shared key dan WPA2 Pre-Shared key kalian isikan boleh apa saja yang kalian inginkan asalkan berisi 9 karakter.


5.) Setelah itu klik dua kali pada wlan1 maka akan muncul tampilan berisi konfigurasi wirelees interface, kemudian isi mode nya itu "ap bridge" ,pada band nya saya menggunakan 2GHz-B/G dimana kecepatannya bisa 54 Mbit/s, pada SSID nya itu boleh di isi dengan sesuai keinginan anda, pada security profile PTMP 123 yang kalian buat tadi, kalau sudah klik apply lalu ok.






6.) Selanjtunya klik dua kali pada wlan 1 nya, laluKlik pada bagian tab general, lalu ubah name nya menjadi station 1 (untuk client 1) station 2 ( untuk client 2 ).


tampilan pada client 1

tampilan client 2

7.) Klik pada bagian wireless mode nya "station bridge" dan security profile nya "PTMP 123" yang kalian buat tadi,kalau sudah klik "scan".

tampilan pada client 


8.)  Karena kita akan menyambungkan wifi AP, maka klik "start" terlebih dahulu, lalu cari SSID nya yang kalian buat tadi, kalau sudah ketemu kemudian klik "connect".


tampilan pada client


9.) Jika sudah kita kembali lagi ke menu awal,klik pada bagian menu IP lalu pilih bagian submenu addresses.




10.) Kemudian isikan IP address nya. untuk AP ("10.10.10.1/24), untuk client 1 (10.10.10.2/24) ,untuk client 2 ( 10.10.10.3/24). kalau sudah klik "apply" lalu "ok".





11.) Client yang sudah terhubung bisa kita lihat pada AP 

tampilan pada AP

12.)  Selanjutnya kita cek bahwa pc saling terhubung mengggunakan terminal dengan perintah ping 10.10.10.1 (untuk AP), ping 10.10.10.2 (untuk client1) dan ping 10.10.10.3 (untuk client2).




Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.

Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .



TERIMA KASIH



Wassalamualaikum wr.wb
















0 komentar:

Posting Komentar