Selasa, 25 September 2018

Cara mereset mikrotik routerboard pada winbox

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mereset winbox, sebelum itu saya     sudah melakukan  konfigurasi yaitu WEP Ecryption And WPA Encryption. setelah itu jika telah   melakukan konfigurasi, maka sebaiknya agar mereset pada winbox . kenapa harus mereset mikrotik   routerboard nya ?  alasan nya adalah mungkin kita ingin menset ulang karena settingannya.

Ada beberapa cara nya untuk mereset mikrotik pada winbox :

1. Langkah pertama kita buka aplikasi winbox nya lalu kalian pilih bagian "neighbors" lalu klik "Refresh".setelah itu klik mac address nya yang sudah kita atur ip address nya. kemudian klik "connect" 




2. Jika sudah bisa di akses, maka masuk ke menu "system" kemudian pilih submenu "Reset Configuration".



3. Gambar di bawah ini adalah tampilan "Reset Configuration". sebelum anda mengklik "Reset Configuration",pastikan kalian mencentang "No Default Configuration", kenapa kita harus mencentang bagian itu ? karena kalau kita mencentang bagian "No Default Configuration" berarti router berhasil di reset dengan teknik ini, maka konfigurasi bawaan router mikrotik akan di hapus sehingga router benar-benar kosong alias tidak ada konfigurasi apapun.



4. Setelah itu maka akan muncul kontak di bawah ini dan ada perintah yang artinya "apakah Anda ingin mengatur ulang semua konfigurasi dan reb". kalau kalian sudah yakin ingin mereset, maka klik "Yes".




5. Maka secara otomatis tampilannya akan keluar dan kembali lagi pada awalnya. dan ketika anda ingin melakukan konfigurasi lagi pada winbox kalian ikuti langkah yang pertama tadi tetapi data yang kalian konfigurasi sebelum mereset itu sudah ke hapus karena kalian sudah mengatur ulang semua konfigurasinya.





Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.
Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .

TERIMA KASIH

Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar