Kamis, 27 September 2018

Mikrotik wireless protocol dan VAP

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Pada kesempatan hari ini saya akan membahas tentang Nstreme dan Nv2.

Sebelum itu apakah kalian tahu apa itu Nstreme ? NStreme adalah sebuah protokol wireless yang merupakan mikrotik proprietary hanya bisa digunakan di produk mikrotik saja. Jika kita melakukan point to point jaraknya sangat jauh kita bisa menggunakan protokol wireless yaitu Nstreme.

Saat ini Nstreme sudah ada yang versi 2 yaitu Nv2. kalian tahu apa itu Nv 2? Nv2 adalah untuk menyediakan komunikasi real full-duplex dengan sepasang interface nirkabel yang satu untuk transmisi data yang satunya lagi untuk menerima data.

Setelah kita sudah menjelaskan apa itu Nstreme dan Nv2.
sekarang kita langsung coba ke konfigurasi nya dengan menggunakan winbox.

Nstreme

1. ) Pertama-pertama kita masuk ke winbox nya, kemudian klik bagian menu wireless dan double pada wlan1 ,lalu pada menu selanjutnya klik bagian tab Nstreme, kemudian centang pada Enable Nstreme , kalau sudah klik "apply" lalu klik "OK"







2.) Selanjutnya masuk ke Bandwdth Test pada client , dengan cara klik bagian menu Tools, lalu pilih submenu Bandwith Test ,kemudian masukkan Test To nya dan juga masukkan User nya menjadi admin. kalau sudah klik start.




Tampilan pada client 



3). Setelah kita masuk ke submenu Bandwith Test. selanjutnya adalah kalian klik pada menu Interface, lalu double klik pada wlan1 , kemudian klik bagian tab wireless , ubah Mode nya menjadi AP bridge dan juga ubah Wireless Protocol menjadi nstreme. kalau sudah klik "apply" lalu klik "OK".



Tampilan pada AP



4.)  Setelah melakukan langkah-langkah tersebut , kemudian masuk lagi ke bagian menu Interface lalu double klik pada wlan1, selanjutnya kalian klik bagian tab pada Traffic nya, kalau sudah klik "OK" untuk mengecek  pada AP dan client nya 


 Tampilan pada AP


Tampilan pada client

Itulah beberapa cara melakukan konfigurasi Nstreme.





Nv2


1.) Setelah selesai melakukan konfigurasi Nstreme , sekarang melakukan konfigurasi Nv2. sebenarnya itu cara konfigurasi Nstreme dan Nv2 cara nya sama cuman ada yang berbeda sedikit. mau tau cara nya ? cara nya adalah kalian klik bagian menu Interface kemudian double klik pada wlan1, lalu klik tab Wireless , selanjutnya ubah Wireless Protocol nya menjadi Nv2. kalau sudah klik "apply" lalu klik "OK".

Tampilan pada AP

2.) Gambar dibawah ini cara nya sama seperti yang langkah pertama pada Nv2 , cuman yang beda nya adalah kalian ubah Mode nya menjadi station brigde.

Tampilan pada client





2.) Dan cara ini juga sama seperti Nstreme. cara nya dengan klik pada menu Tools , Kemudian klik pada bagian submenu Bandwidth Test. lalu masukkan Test To nya dan masukkan user nya. kalau sudah klik "apply" lalu klik "OK".


Tampilan pada client


3.) Selanjutnya kita cek Traffic pada AP dan client.  


tampilan pada AP


tampilan pada client

Itulah beberapa cara melakukan konfigurasi Nv2.



VAP

Sebelum melakukan konfigurasi Virtual Access Point (VAP) , saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang Virtual Access Point (VAP), kalian tau apa itu VAP ?  Virtual Access Point (VAP) pada mikrotik adalah  interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. 

Sekarang kita langsung coba cara melakukan konfigurasi VAP :

1.) Pertama-pertama kalian klik bagian menu Wireless Tables , kemudian klik bagian menu Interface, lalu klik tanda (+) dan pilih Virtual.





2.) Kemudian klik bagian tab Wireless , lalu ubah Mode menjadi ap bridge, setelah itu masukkan SSID nya menjadi Kepsek , masukkan Security Profile nya menjadi Profile1. kalau sudah klik "apply" lalu klik "OK".





3.) Kemudian cari SSID nya yang kalian buat tadi dengan klik Start. jika berhasil maka akan terlihat SSID nya yang kalian buat.







Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.

Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .



TERIMA KASIH



Wassalamualaikum wr.wb























0 komentar:

Posting Komentar