Kamis, 08 November 2018

Konfigurasi File Management Tasks di FSRM

Assalamualaikum wr.wb

File management task ini berfungsi untuk mengontrol data yang terdapat pada hardisk, jika data tersebut sudah lama dan tidak bisa digunakan lagi, dengan FSRM bisa mengontrol dan mengaktifkan event log pada server. Sehingga akan membantu seorang administrator mengatur data tersebut. Data yang ada bisa di buat schedule dengan data yang baru di create, data yang sudah dimodifikasi,  bahkan data yang sering diakses dengan mengaktifkan time schedule mingguan atau bulanan


Langkah-langkah :

1.) Pertama-pertama buka server manager, klik bagian Tools kemudian pilih File Server Resource Manager.




2.) Lalu klik File Management Tasks pada tab action pilih Create File Management Tasks.


3.) Setelah klik Create File Management Tasks, pada tab bagian General isikan pada Task name sesuai keinginan anda Misal Document Download. bagian Description nya itu boleh di isi atau tidak.



4.) Pada bagian Scope klik Add untuk menambahkan folder yang di jadikan sebagai file yang akan dimanage. Letakkan Path tersebut sesuai data yang anda inginkan misal C:\User\Administrator\Downloads. 


5.) Pada bagian tab action type file ada 3 yakni File expiration, custom, RMS encription. pilih type File expiration lalu klik Browse jadi disini kalian sudah buat sebuah path file yang nantinya file yang sudah ditentukan tersebut di bagian tab scope yang tidak digunakan akan di pindahkan ke Path yang di tentukan di tab Action sebelum di hapus. jadi intinya Folder Download akan otomatis pindah ke File Expired yang sudah dibuat sebelumnya. bisa juga langsung mengarahkan path ke Recycle Bin.



6.) Untuk bagian tab Notification kemudian klik Add untuk menambahkan satu notifikasi pada saat proses pengiriman file.



7.) Untuk Event Log kita ubah menjadi 0 supaya data bisa diproses secepatnya.




8.) Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.


9.) Pada bagian tab Report untuk tipe format laporannya saya menggunakan bentuk HTML.



10.) Pada bagian tab Condition centang hari pada saat di create, di modifikasi, di akses start awal mulai dari 0 sehingga data di proses lebih mudah.



11.) Pada bagian tab Schedule bisa atur jam nya sesuai keinginan anda lalu untuk harinya pula jadi data di folder yang sudah tentukan untuk kadaluarsa nantinya akan berjalan atau mulai pada hari dan jam yang di tentukan. kalau sudah klik OK.



12.) Data dokumen yang sudah di isi dapat dicek pada scope di bawah ini.



13.) Bagian folder Download saya terdiri dari 1 file.



Verifikasi 

a.) Untuk memverifikasi klik kanan pada File Management Tasks yang sudah di konfigurasi pilih Run File Management Task Now...



b.) Maka akan muncul Pop up Run File Management Task Kemudian pilih Wait for the task to complete (this can take hours or days) setelah itu Klik OK.

c.) Tunggu proses Running File Management Task sampai selesai.
d.) Secara otomatis akan muncul dan ini tipe laporan format HTML yang berisi 1 File tadi yang berada dalam folder download.

e.) Coba kita cek data pada drive C tempat path penyimpanan data expired. bisa juga di cek pada Folder download dan hasilnya pasti kosong.

f.)Untuk event log dapat dilihat pada event Viewer lalu pilih application kemudian cari File warning seperti gambar di bawah ini.


Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.
Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .

TERIMA KASIH


Wassalamualaikum wr.wb


0 komentar:

Posting Komentar