Jumat, 31 Mei 2019

Mengkonfigurasikan Web Server (IIS)

Assalamu'alaikum Wr.wb

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Web Server, Apa sih Web Server?
Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.

Web server merupakan salah satu kebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang besar dan juga akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi. Langsung saja kita bahas cara konfigurasinya.


Langkah-langkah :

1.) Di Server Manager kita tambahkan fitur di Manage -> Add Roles and Features.


2.) Lalu pilih opsi Role based or feature based installation.


3.) Pilih Select a server from the server pool.


4.) Lalu double klik pada fitur Web Server (IIS), lalu Next.


5.) Lalu klik Add Features.


6.) Di menu Features tidak perlu ditambahkan jadi kita lewati saja.


7.) Pada bagian Roles Services, klik security, kemudian klik tanda centang pada Basic Authentication, lalu klik Next. jadi ketika login nanti ke web server membutuhkan authentication user dan password.


8.) Setelah itu kita Install di menu Confirmation, dan tunggu beberapa saat. Apabila ingin merestart otomatis saat installasi selesai anda bisa menceklist kolom diatas.


9.) Tunggu hingga selesai, apabila sudah kita klik Close.


10.) Selanjutnya buka tab Tools kemudian klik Internet Information Services (IIS) Manager.


11.) Setelah kita mengeklik IIS maka secara default akan tampil seperti gambar dibawah ini, lalu kita klik Authentication.


12.) Ubah Basic Authentication menjadi Enabled, maka muncul peringatan SSL site tidak aktif, ini disebabkan karena Anonymous Authentication masih dalam enabled.


hasilnya seperti gambar di bawah ini

13.) Tambahkan satu user untuk mengakses web tersebut dengan mengeklik Server Manager lalu pilih Tools kemudian pilih Computer Management.


14.) Lalu pilih Users kemudian pilih salah satu user yang bisa mengakses web server tersebut lalu isikan password user untuk bisa login ke dalam web.


hasilnya seperti gambar di bawah ini


15.) Tampilan IIS sudah bisa dilihat pada gambar dibawah ini. Disini kita menggunakan IP Address yang sudah di buat sebelumnya.


Konfigurasi Wordpress

WordPress adalah salah satu aplikasi web yang fungsinya untuk membuat konten web atau blog. Secara sederhana pengertian WordPress seperti itu. Setelah mengenal apa itu WordPress, bagaimanakah langkah-langkah membuat WordPress tersebut.



Berikut langkah-langkahnya :

1.) Buka situs https://webgallery.microsoft.com/gallery. Kemudian cari dan klik WordPress 4.9.8


2.) Selanjutnya pilih install untuk memulai konfigurasi wordpress.


3.) Muncul pop-up selanjutnya untuk install web platform installer kemudian klik Install Now.


4.) Jika muncul pop-up seperti dibawah ini saat mulai mendowload (browser Internet Explorer).


5.) Download kembali WordPress nya maka akan muncul pop-up download dibawah, setelah sudah selesai download klik Save.


6.) Jika download nya sudah selesai kita lanjutkan installasi nya dengan mencari aplikasi WordPress tersebut dan menginstallnya dengan mengeklik Run.



7.) Proses web platform installer berjalan, membutuhkan koneksi internet yang cukup lumayan tinggi untuk installasinya. Tunggu proses installasi sampai selesai.




8.) Klik Install untuk memulai instalasi wordpress.


9.) Masukkan password untuk mySQL dan password sesuaikan dengan keinginan anda. Kalau sudah Klik Continue.



10.) Proses installasi akan dijalankan klik I Accept untuk melanjutkan proses installasi.



11.) Proses download mulai berjalan, tunggu sampai selesai.  disini membutuhkan koneksi internet yang cukup lumayan tinggi.



12.) Konfigurasi berjalan, web site biarkan default dan application name rubah menjadi / (root) lalu klik Continue.



13.) Pada bagian selanjutnya langsung klik Continue saja.


14.) Product key berjalan dengan sempurna, kemudian klik Copy to clipboard untuk save password mySQL nantinya ketika dibutuhkan login ke mySQL.

 

15.) Selanjutnya Site title isikan sesuai keinginan anda, site title ini menandakan nantinya tampak depan dari hal web kita sebagai contoh saya mengisi Site title dengan Blog Pertamaku. Lalu isikan username dan password yang mudah diingat ketika login nantinya. Lalu klik install wordpress.

16.) Login ke WordPress sudah berhasil silakan isikan post sesuai dengan keinginan anda.



17.) Langkah selanjutnya bukalah file directory local disk C >> Windows >> System42 >> drivers >> etc >>hosts. Buka lah hosts dengan menggunakan notepad.  Kemudian tambahkan IP Address server paling bawah file hosts dan terjemahkan ke alamat web yang diinginkan.


18.) Buka lah Web Browser kemudian ketikkanlah nama domain atau dns nya. Maka Tampilan wordpress yang anda buat adalah seperti pada gambar dibawah ini.



Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.

Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf .


TERIMA KASIH


Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar