Selasa, 19 November 2019

Mengkonfigurasi Sistem Kontrol dan Monitoring Dengan PRTG

Assalamualaikum wr.wb

Pada kesempatan kali ini. Saya akan melanjutkan materi mengenai Windows Server 2016. Kali ini saya akan memberikan tutorial Mengkonfigurasi Sistem Kontrol Dan Monitoring.





Monitoring merupakan aktivitas di mana sebuah pengawasan atau pemantauan untuk tujuan dan hasil dari hasil tersebut akan di jadikan bahan evaluasi. Monitoring adalah sistem yang melakukan proses monitoring secara terus menerus pada saat sistem jaringan aktif sehingga jaringan dapat di pantau, jika muncul masalah maka kita dapat mengetahuinya dengan cepat.


PRTG Network Monitor memonitor ketersedian jaringan dan pemakaian jaringan menggunakan berbagai macam protokol, meliputi SNMP, Netflow, dan WMI .
Fitur-fitur utama PRTG Network Monitor anrata lain sebagai berikut.

1. Comprehensive Network Monitoring, menyediakan lebih dari 170 jenis sensor untuk monitoring aplikasi, monitoring virtual server, monitoring SLA , dan monitoring QoS.

2. Flexible Alerting, meliputi 9 metode notifikasi berbeda, status alerts, limit alerts, threshold alerts, conditional alerts, dan alerts scheduling.

3. In-Depth Reporting, meliputi kemampuan untuk membuat laporan dalam format HTML dan PDF, laporan terjadwal, laporan kustom (contoh: Top 100 Ping Times) dan template laporan.

LANGKAH- LANGKAH KONFIGUASI

1.) Langkah pertama kita harus menginstall PRTG pada PC kita. untuk itu kita download terlebih dahulu kemudian ketik link berikut ini : https://www.paessler.com/  . Jika sudah, downloadlah PRTG Network Monitoring dengan mengklik Free Download seperti pada gambar dibawah ini.


2.) Setelah itu kita lihat pada tampilan selanjutnya kita diberikan Free Licence Name dan Licence Key untuk PRTG nya yang akan dimasukkan saat instalasi nanti.


3.) Hasil download PRTG yang berbentuk zip silahkan di extrak terlebih dahulu sehingga akan muncul file aplikasi dari PRTG Network monitor versi 18.4.47. Kemudian Klik Run administrator untuk memulai instalasi.



4.) Pengaturan pertama pilih lah bahasa yang akan di gunakan pada saat instalasi. di sini saya menggunakan bahasa inggris  ( English ) untuk proses instalasi PRTG Network Monitoring.


5.) Kemudian Pilih  I accept the agreement setelah itu klik Next untuk melanjutkan proses instalasi ke tahap selanjutnya.


6.) Selanjutnya isikan alamat Email kalian yang masih aktif . kalau sudah klik Next untuk melanjutkan proses instalasi.


7.) Kemudian kita akan di arahkan menuju link aplikasi yang ada pada PRTG secara otomatis


8.) Berikut adalah beberapa tampilan hasil PRTG Network Monitoring.


9.)  Selanjutnya kita cek apakah dengan menggunakan PRTG ini kita bisa mendapatkan notifikasi email atau tidak. Caranya kita buka Setup kemudian pada System Administration pilih Notification Delivery.



10.) Pada tahap selanjutnya, pada bagian SMTP Delivery untuk SMTP Delivery Mechanism pilih Use SMTP relay server. kemudian pada SMTP Relay Server isikan smtp.gmail.com pada SMTP Relay SMTP Port isikan 587. selanjutnya pada SMTP Relay Authentication pilih Use standard SMTP authentication ,  pada SMTP Relay User isikan alamat Email kalian yang masih aktif dan masukkan passwordnya.


11.) Kalau sudah, untuk mengetes apakah email kita menerima notifikasi atau tidak, maka dari itu kita lakukan Test SMTP Settings.


12.) Selanjutnya masukkan alamat email kalian yang masih aktif dan juga masukkan Subject nya. kalau sudah klik OK.


13.) Nah kita bisa lihat bahwa kita mendapatkan email tes dari PRTG dengan Subject yang kita sudah buat sebelumnya. Jika sudah masuk akan seperti gambar di bawah ini




Sekian itu saja ilmu yang saya berikan, semoga bermanfaat.
Apabila penyampaian ilmu nya ada yang kurang jelas ,kurang lebihnya saya mohon maaf.

TERIMA KASIH


Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar: